Daerah

Gagas ‘Ojol Day’ Tiap Selasa, Wali Kota Makassar Mendapat Apresiasi Komunitas Ojol


Makassar, JaringPos | Misi Mulia Walikota Makassar Danny Pomanto yang mencetuskan ‘Ojol Day’ tiap hari selasa mendapat apresiasi dari sejumlah komunitas ojol yang ada di Kota Makassar,

Menurut Danny, penerapan ini nantinya akan mendongkrak perekonomian di Makassar. “Ojol Day, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Makassar yang ke kantor itu semua naik ojol. Ada pemaksaan? Tidak ada,” tutur Danny di kediamannya pribadinya, Jalan Amirullah, Jumat (5/3/2021).


Namun, Danny menegaskan bahwa untuk mengefektifkan kebijakannya tersebut, dia akan menaikkan tarif parkir 10 kali lipat nantinya.

“Tapi kita tidak bisa paksa, tapi dihari itu harga parkir naik 10 kali lipat, artinya lebih bagus naik Ojol, dari pada dia parkir,” ujar Danny, Sabtu (6/3/2021).

“Tapi kalau dia bawa mobil sendiri kan tidak dipaksa, tidak boleh dipaksa orang. Tapi saya bikin regulasi adalah kasi naik harga parkir 10 kali lipat di hari itu saja,” jelasnya lagi.

Baca Juga:

Menurut Danny, bisa menjadi kewenangan pemerintah untuk mengatur hal itu. Pihaknya pun akan memulai uji coba selama sebulan nantinya.

“Kalau dia tidak naik ojol, dia bayar parkir berlipat-lipat. Bisa, itu kewenangan Pemerintah Kota. Kata kunci di situnya. Kita akan simulasi satu bulan. Saya mau siapkan regulasi, siapkan SOP (prosedur operasi standar). Jadi siapkan juga organisasi, mulai besok organisasinya saya tata,” bebernya. (*)

Ia menerangkan, pihaknya telah mengkaji hal tersebut. Apalagi regulasi mengenai parkir adalah wewenang pemerintah kota. Tapi sebelum memberlakukan hal tersebut, terlebih dahulu akan dilakukan simulasi selama satu bulan.

Komunitas Ojol Bugs Family Denpasar 2-JaringPos
Ket foto: Komunitas Ojol Bugs Family

“Simulasi satu bulan baru kan saya mau siapkan regulasi, SOP, besok mulai organisasi saya tata,” terangnya.

Diketahu, kebijakan ini merupakan bagian dari program unggulan Danny, dan Wakilnya Fatmawati Rusdi yaitu Makassar Recover.

Program ini telah dilaunching di kediaman Danny Pomanto, Jl Amirullah, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Jumat (5/3/2021).

Gagasan tersebut bahkan juga mendapat apresiasi dari komunitas ojol yang ada di daerah lain, sebut Ketut Adi, 52th dari Komunitas Ojol Bugs Family di Denpasar.

“Bagus ini, berarti ada perhatian dari pemangku kebijakan terhadap nasib kami sebagai driver,” ujar pria yang akrab di sapa pak Adi ini.

Iya berharap kebijakan seperti ini bisa diterapkan di daerah lain mengingat banyak pengendara ojol yang nasibnya semakin tidak menentu apalagi sejak pandemi Covid-19 merebak di tanah air sejak setahun lalu.

“Mudah-mudahan disini juga ada program seperti itu, supaya kami juga bisa bertahan, apalagi ada covid, tamu nggak ada,” ujarnya.(*Stj)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker