BeritaDaerah

PWMB Hidupkan Spirit Jurnalistik di SMK Bina Mandiri Jelang HPN


Labuan Bajo,jaringpos – Untuk memaknai Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2020, para jurnalis lokal yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB),menumbuhkan spirit jurnalisme kepada para siswa/I Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Mandiri Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Aktivitas ‘penggenjotan’ tradisi penulisan bergenre jurnalistik dalam diri siswa itu digelar pada hari Kamis, (6/2/2020), PWMB coba ‘menstimulasi’ potensi siswa untuk menghidupkan semacam ‘praktik jurnalisme siswa’ di SMK Bina Mandiri tersebut.

perrrsss-JaringPos


Dalam kegiatan ‘berbagi jurnalistik’ itu, sejumlah jurnalis yang berkarya di Mabar baik dari media arus utama maupun media online, memberikan semacan ‘ teknik dasar penulisan jurnalistik’ dengan menggunakan metode 5W+1H. Acara ‘ sharing jurnalistik’ itu dikemas dalam gaya yang atraktif, sederhana,  dan praktis sesuai dengan karakteristik dasar generasi milenial sekarang ini. Efeknya adalah para siswa begitu antusias dan penuh semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ‘berbagi ilmu dan skil jurnalisme’ itu.

Kepala SMK Bina Mandiri, Dionisius Rajen,  sangat mengapresiasi niat baik PWMB yang memilih sekolahnya untuk menjadi ‘medan sharing jurnalistik’ itu. “Setidaknya, kegiatan seperti ini menambah wawasan, konsep, dan kecakapan para siswa  dalam menulis khususnya yang berhubungan dengan teknik menulis berita di media”, tegas Dionisius.

persssss-JaringPos

Baca Juga:

Sementara itu,  ketua PWMB, Servantinus Mammilianus menuturkan bahwa kegiatan ‘sharing jurnalistik’ merupakan salah satu agenda dari rangkaian acara yang digelar dalam rangka memeriahkan HPN tahun 2020 ini. “Kita akan menggelar beberapa kegiatan pada peringatan HPN tingkat Kabupaten Mabar. Hari ini kita menggelar acara ‘sharing jurnalistik’untuk menambah pengetahuan dan menumbuhkan bakat menulis dalam diri siswa, papar Servan.

Target utama kegiatan ini, demikian Servan para siswa mesti termotivasi untuk segera  mempraktikan kebiasan menulis  dalam langgam jurnalisme. Menulis itu bukan bakat bawaan, melainkan sebuah keterampilan yang perlu diasah secara kontinyu dan konsisten.

IMG 20200117 074140-JaringPos

Semenatara itu, beberapa jurnalis yang terlibat dalam kegiatan itu tidak lupa menjelaskan kepada para peserta sejumlah panduan etis (kode etik jurnalistik), yang mesti dipatuhi oleh seorang wartawan.

“Selain menulis dan menyampaikan berita secara jujur dan objektif, seorang jurnalis juga   harus mengikuti panduan etis seperti dimensi keseimbangan dalam mengakomodasi keterangan dari para narasumber berita (cover both side)”, tegas para wartawan tersebut.

Untuk diketahui bahwa selain kegiatan ‘sharing jurnalistik’, PWMB juga telah mendistribusikan bantuan material untuk merenovasi dua ruang kelas di SMK Bina Mandiri. Dengan demikian, sebelumnya berdindingkan bambu, diganti dengan tripleks sehingga terlihat lebih elok dan indah dipandang.(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker