Olahraga

Australia Lolos ke 16 Besar Piala Dunia Usai Libas Denmark 1-0

Jakarta, JaringPos | Para pendukung tim nasional sepak bola Australia di Qatar meluapkan kebahagiaan mereka, setelah tidak menyangka tim kesayangannya bisa mereka melaju ke babak kualifikasi 16 besar setelah mengalahkan Denmark dengan skor 1-0 pada laga terakhir Grup D di Stadion Al Janoub, Rabu (30/11/2022).

Timnas Australia berhasil melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia Qatar berkat gol tunggal Mathew Leckie yang membobol gawang Denmark.

“Gol Piala Dunia pertama saya mungkin menjadi salah satu gol terpenting bagi saya dan timnas,” ujar Leckie penuh kegembiraan.

Saat ditanya apakah tim nasional Australia akan merayakannya, pelatih Socceroos Graham Arnold menjawabnya dengan tegas: “Tidak ada perayaan”.

“Seperti yang saya katakan kepada mereka [para pemain], inilah alasan mengapa kita menang lagi setelah menang melawan Tunisia. Tidak ada perayaan, tidak ada emosi. Tidur. Tidak [main] sosial media.”

Pemain mungkin dilarang merayakannya, tapi ratusan warga di Melbourne tak bisa menyembunyikan rasa bangganya.


Australia vs Denmark bermain imbang 0-0 pada babak pertama. Meski menguasai permainan dan peluang, Denmark kesulitan membobol gawang Australia pada 45 menit pertama.

Australia yang tidak diunggulkan bermain lepas pada laga ini dan langsung menekan Denmark pada awal babak kedua. Tekanan The Socceroos hampir membuat Kasper Schmeichel blunder.

Denmark tetap menguasai permainan di babak kedua. Hanya saja pertahanan kompak yang dimiliki Australia membuat tim asuhan Kasper Hjulmad itu frustrasi dalam membobol gawang lawan.

Matthew Leckie memberikan kejutan kepada Denmark dengan gol pada menit ke-60. Gol itu tercipta lewat serangan balik cepat.

Australia memanfaatkan kegagalan Denmark menembus pertahanan mereka. Striker Riley McGree yang berlari di sisi kiri serangan mendapatkan operan dari lini tengah.

McGree kemudian memberikan umpan terobosan kepada Leckie. Setelah menapat bola dari McGree, Leckie mengecoh Joakim Maehle lalu melepaskan tembakan kaki kiri.

Bola tendangan Leckie mengarah ke pojok kiri bawah gawang Denmark, tetapi tidak bisa dijangkau Kasper Schmeichel.

Tim Dinamit kembali mendapatkan peluang lewat sepak pojok Christian Eriksen pada menit ke-69, namun sundulan Joachim Andersen yang menjambut sepak pojok itu melebar.

Denmark terus menguasai permainan, akan tetapi Australia memiliki tembakan on target lebih bagus, 4 berbanding 2 hingga menit ke-87.

Tendangan Alexander Bah pada menit ke-88 gagal mengarah ke gawang Australia. Denmark terus menyerang Australia pada menit-menit akhir permainan.

Kiper Kasper Schmeichel sampai maju hingga kotak penalti lawan saat sepak pojok. Tetapi tidak ada gol tercipta pada sisa laga. Australia lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, Denmark tersingkir.(*ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker