BeritaDaerahPariwisata

Bupati Lotim Siap Sukseskan FGD Smart City Kawasan Mandalika

Mataram, JaringPos | Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi diwakili Staf Khusus (Stafsus) Bupati Bidang Pendidikan Dr Fauzan MPd didampingi Kadis Kominfo, Kadishub, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan serta masing-masing ahli IT masing-masing OPD menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Aston Inn Mataram Rabu (1/12/2021)

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Stafsus Bupati Bidang Pendidikan Dr Fauzan MPd, Bupati Sukiman menyampaikan, pada program I (program 100 Kabupaten/kota Smart City) tahun 2017 Kabupaten Lotim merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Program 100 Kabupaten / Kota Smart City, yaitu masuk pada angkatan pertama yang hanya diikuti oleh 25 Kabupaten/Kota se Indonesia.


Proses-proses yang telah dilalui saat itu diantaranya yaitu telah membentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart Kabupaten Loim.

“Adapun beberapa kendala yang dihadapi pada saat itu, masih belum adanya penyamaan persepsi diantara pihak-pihak terkait tentang konsep Smart City” sambutannya.

Penyusunan Master Plan Smart City harus sesuai dengan visi misi Kepala Daerah namun saat itu terkendala situasi Kabupaten Lotim di masa itu dalam keadaan transisi pemerintahan, sehingga tidak dapat terselesaikan seratus persen.

Disamping itu sambung Dr Fauzan, juga persoalan lain seperti adanya anggapan bahwa Smart City hanya menyangkut tentang Aplikasi, Internet dll.

“Namun tidak memaknainya secara luas bahwa program Smart City merupakan program-program yang inovatif, efisien, unggul dan terintegrasi” ungkapnya.

Program II ( Program Smart City Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional) Lombok Timur merupakan Kabupaten yang berada pada kawasan pariwisata prioritas nasional Mandalika, sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025 sehingga dipandang perlu untuk mewujudkan Kabupaten Lotim sebagai Kota Cerdas (Smart City).

Pada tanggal 20 Mei 2021 telah terjadi Nota kesepakatan antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Lotim.

“Bahwa dalam rangka mewujudkan Kabupaten Lotim sebagai kota cerdas (Smart City) untuk mendorong kemudahan penyelenggaraan layanan publik dan mendukung pembangunan kawasan Pariwisata Prioritas Nasional Mandalika, maka diperlukan adanya kerjasama yang sinergi dan strategis dengan para pihak” ucapnya.

Pembangunan Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Lombok Timur sebagai salah satu tujuan pembangunan perkotaan yang didukung oleh pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang andal dalam berbagai layanan perkotaan.

“Adapun beberapa tahapan kegiatan yang sudah dilalui untuk mendukung program Smart City di Kabupaten Lotim yaitu” beber Dr Fauzan.

1. Pra Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City yang dilakukan secara Daring dengan Tim Pembimbing Smart City, dengan tujuan : (a) Penyamaan persepsi tentang Smart City, Pendalaman masalah program masing-masing OPD. (b) Mereview Program Smart City yang telah dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur. (c) Mengecek kesiapan OPD dan tim penyusun Masterplan Smart City Kabupaten Lotim.

2. Bimbingan Teknis Tahap I Penyusunan Master Plan Smart City, dengan tujuan melakukan beberapa analisa terkait dengan Analisis Masa depan, Analisis kesiapan daerah, Analisis strategi pembangunan dan Analisis Visi Pembangunan Smart City.

3. Bimbingan Teknis Tahap II Penyusunan Master Plan Smart City, dengan tujuan untuk menyusun kerangka berfikir, menentukan arah pembangunan serta program dan rencana aksi Pembangunan Smart City Kabupaten Lotim.

4. Bimbingan Teknis Tahap III Penyusunan Master Plan Smart City, dengan tujuan menyusun Startegi Pembangunan Smart City berdasarkan 6 pilar yaitu : Smart Governance, Smart Baranding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

5. Bimbingan Teknis Tahap IV Penyusunan Master Plan Smart City, dengan tujuan Pembahasan lebih lanjut tentang Peta Jalan (Road Map) Smart City Kabupaten Lotim.

6. Forum Discussion Group (FGD) Master Plan Kawasan Mandalika, akan dilaksanakan Hari Rabu, 1 Desember 2021 di Hotel Aston Inn Mataram

“Demikianlah sambutan ini disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih” tutup Stafsus Bupati Bidang Pendidikan Lotim ini.

Selanjut dilakukan penandatanganan MoU oleh Dr Fauzan MPd mewakili Bupati Lotim bersama para Bupati walikota yang hadir. (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker