Pariwisata

Menparekraf Sandiaga Uno Test Drive Sepeda Motor Listrik GESITS Dukung Penggunaan Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan


Jakarta, JaringPos – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan test drive sepeda motor listrik Gesits di komplek Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di bilangan Jl. Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Sebagaimana kita ketahui PT Wika Industri Manufaktur selaku manufaktur dan principal sepeda motor listrik GESITS adalah sepeda motor listrik buatan dalam negeri yang diproduksi oleh Anak Usaha PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk.


Pada kesempatan ini Menteri Parekraf Sandiaga Uno menyampaikan keinginannya agar penggunaan sepeda motor listrik di berbagai wilayah destinasi wisata dapat semakin digalakkan.

“Selain sebagai wujud kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Tersedianya kendaraan listrik sebagai alternatif sarana transportasi di berbagai destinasi wisata juga diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan,” ujar Sandiaga.

Gesits 2-JaringPos
Ket foto: Menperkraft Sandiaga Uno saat Test Drive Sepeda Motor Listrik GESITS di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Selain itu Menparekraf Sandiaga Uno juga menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Wika Manufaktur dalam mewujudkan kendaraan listrik yang merupakan suatu bentuk kreatifitas anak bangsa. Iya meyakini kreatifitas di bidang industri otomotif seperti ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan di sentra-sentra produksinya dan pemasaran serta after salesnya.

Baca Juga:

Pada kesempatan ini hadir pula Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) yang menyampaikan dukungannya terhadap upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan di berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Umum PWOI Rezza Artha menyampaikan akan terus berupaya mendukung langkah Kementerian Parekraf dan mengajak lebih banyak lagi stakeholders otomotif untuk berkontribusi positif dalam pengembangan dunia pariwisata di Indonesia.

“Pentingnya wisata berkendara yang Aman, Tertib, Sehat, dan Menyenangkan bagi para penggemar otomotif dalam berwisata ke berbagai penjuru Nusantara,” pungkasnya.

Senada dengan Ketua Umum PWOI Rezza Artha, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur [WIMA], Muhammad Samyarto juga optimistis bahwasanya sosialisasi motor listrik GESITS di Destinasi Wisata adalah momentum yang baik memperkenalkan karya inovasi anak bangsa sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendorong perubahan mindset dan perilaku berkendara ramah lingkungan dan peduli ketahan energy nasional.

“GESITS, Motor Listrik Kebanggaan Indonesia. Setelah melalui rangkaian proses riset, tahapan uji coba dan produksi yang konstruktif, dengan bangga kami mempersembahkan GESITS, karya anak bangsa Indonesia pertama yang menggunakan teknologi motor bertenaga listrik. Dan Motor Listrik GESITS telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini,” ujar Samyarto.

Lebih lanjut, dalam konteks mendekatkan motor listrik kebanggaan Indonesia ke seluruh penjuru tanah air, Saat ini Motor Listrik GESITS telah hadir dan dapat dipesan melalui E-Katalog, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Muhammad Samyarto juga menambahkan, produk Motor Listrik GESITS ini telah menggunakan komponen Part dalam negeri sebesar 85% sehingga untuk ketersedian Spare Part cukup terjamin. Dan Untuk Nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 46,73%. Mengombinasikan keamanan, performa dan efisiensi, motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional yang cukup murah dan tanpa service rutin.

Iklan Motor Listrik Gesits-JaringPos

“Untuk pengechasan baterai cukup simple, dimana dapat dilakukan di colokan listrik biasa layaknya mengechas Hand Phone atau Laptop. Dan biaya listrik yang dibutuhkan hanya sebesar dua ribuan rupiah untuk menempuh jarak 50 Km,” jelasnya

GESITS dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW, dengan Tenaga sebesar ini GESITS mampu mengangkut 2 penumpang, dan dengan 3 mode berkendara, kecepatan maksimal GESITS dibatasi sampai dengan 70 Km/jam. Menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai dan dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

“GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara,”
papar Samyarto.

GESITS adalah kolaborasi pemikiran dari anak terbaik bangsa dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara, seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len, PT Wika Industri Energi, dan PT PLN. Hal ini membuktikan bahwa tingkat pemikiran dan karya Indonesia sanggup bersaing dalam kompetisi inovasi dan teknologi tinggi global yang ketat. GESITS yang hadir dalam tiga warna, yaitu merah, hitam dan putih.

Motor listrik GESITS dengan warranty battery selama 3 tahun, GESITS akan didukung dengan layanan purna jual yang sangat akomodatif dan tersebera di seluruh dealer-dealer GESITS di seluruh Indonesia. GESITS juga akan bekerja sama dengan bengkel-bengkel yang tersebar di Indonesia agar akses terhadap suku cadang dan servis menjadi lebih mudah.

Motor listrik GESITS saat ini dapat dibeli melalui Mitra Dealer di berbagai kota di Indonesia. Para peminat GESITS juga dapat melakukan order online via www.gesitsmotors.com atau melalui Online Store seperti Blibli.com dan Tokopedia.com.

GESITS adalah inovasi yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami tidak akan pernah berhenti menghadirkan inovasi guna membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Harapan kami, GESITS dapat menjadi pionir untuk kendaraan nasional. Mari menjadi awal dari sejarah perjalanan GESITS di Indonesia.(*Day)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker