Daerah

Simakrama ICHI NTB dan Sulinggih Kunjungi Pura Taman Giri Putri Rinjani


JaringPos-NTB* Terkait dengan keberadaan umat Hindu dan Pura di pelosok serta termasuk diwilayah kaki gunung rinjani,pada hari minggu (29/5/2021) Ketua Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia Prov NTB, I Gusti Lanang Media, mengunjungi Pura yang ada di kaki gunung rinjani Lombok Timur NTB, Ketua ICHI Prov-NTB  menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan Umat dan Krama Pura Taman Giri Putri Rinjani  menerima kunjungan ICHI Prov-NTB beserta rombongan, Ketua ICHI Pov-NTBjuga menyampaikan tujuan kunjungan ini adalah untuk mesimakrama,berdiskusi,memberikan program serta bantuan punia dari Bank BPD Bali Cabang Mataram dan Yayasan Dharma Sewanam Lombok.

 


 

Ketua ICHI berencana mengagendakan program-program keumatan baik di kota maupun pelosok wilayah NTB. dalam pesannya I Gusti Lanang Media  menyampaikan toleransi  kerukunan umat beragama dan bermasyarakat harus selalu dijaga agar selalu hidup harmonis. melihat situasi umat hindu di desa sajang terkait pendidikan agama berupaya ada dharma duta atau penyuluh agama Hindu untuk berperan aktif memberikan edukasi kepada umat hindu yang berada di pelosok ujarnya.

WhatsApp Image 2021 05 31 at 23.36.271-JaringPos
Ket Poto- Ketua ICHI Prov-NTBMemberikan Bantuan Punia dan beberapa peralatan dserta buku sebagai bentuk kepedulian

Hadir dalam Rombongan sulinggih Ida Pandita Mpu Nabe Acarya Dharma Dhaksa Nata dari Griya Taman Sari Sweta Mataram dalam pesannya menyampaikan perlulah kiranya kita saling berkomunikasi dengan umat yang ada dipelosok agar persaudaraan umat lebih terjalin dengan baik terlebih lagi kta bisa saling membantu,memberikan informasi positif terhadap segala kegiatan sosial,agama,budaya,ekonomi masyarakat atau umat hindu yang di pelosok bila perlu memberikan edukasi hukum,pendidikan dan lain sebagainya pesan beliau.

Baca Juga:

 

Perwakilan BPD Bali Cabang Mataram I Gede Muliawan ikut berkontribusi  dengan menyumbangkan beberapa sarana alat kebersihan untuk Pura Taman Giri Putri Rinjani sebagai sikap kepedulian terhadap keberadaan Pura tersebut, jika kemudian hari Umat memerlukan bantuan terkait pura Bank BPD bali siap membantu tentunya dengan membuat program maupun proposal ke Bank BPD Bali ujarnya.

 

Ketua Yayasan Dharma Sewanan Lombok I Gde Gunanta  yang ikut hadir dalam rombongan juga memberikan pandangan untuk untuk menujang kegiatan ekonomi umat sekitar untuk mengikuti program peternakan dan penggemukan sapi karena wilayah desa sajang yang sejuk dan mendukung dalam bertenernak dan pennggemukan sapi. dalam penyampaiannya agar membentuk kelompok peternak sapi dan memiliki kandang agar lebih mudah di berikan bantuan modal dan diberikan pendampingan terkait peternakan sapi dan penggemukannya ujarnya.

Ketua Banjar Umat Hindu desa sajang I Wayan Warnita mengucapkan banyak terimakasih untuk kepedulian dan kehadiran ICHI dan rombongan Tokoh lainnya atas segala partisipasi serta kepedulian terhadap umat hindu yang berada di pelosok seperti di desa sajang ini, semoga apa yang disampaikan oleh para tokoh bisa terwujud.

Masyarakat Hindu desa sajang kecamatan sembalin Kabupaten Lombok timur-NTB lebih banyak melakukan kegiatan berternak,bertani,dan berdagang, masyarakat sangat menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama. sembalun juga merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat terkenal baik dari potensi sumber daya alam dan sumber daya manusianya.(*cakrabawa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker